teknologi informasi jaringan
komunikasi dalam jaringan (daring)









1. PENGERTIAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING)



Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam jaringan ialah cara berkomunikasi di mana paparan dan penerimaan pesan dilaksanakan dengan atau melewati jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia seluruh biasa desebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.
teknologi informasi jaringan

Komunikasi dalam jaringan kesatu dibuka tahun 1960, di suatu universitas of Hawaii yang memiliki wilayah yang luas dan bercita-cita guna menghubungkan computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada computer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet itu ditanam suatu software yang didalamnya terdapat suatu protocol yang pada saat tersebut disebut dengan nama ARPANET, yang dikenalkan tahun 1969. ARPANET untuk ketika ini telah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia edukasi kesatu kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media edukasi dan pertengahan tahun 1990 dengan timbulnya word wide web.


teknologi informasi jaringan

2.JENIS KOMUNIKASI JARINGAN 

Komunikasi daring sinkron (serempak) Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron ialah komunikasi memakai komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, masa-masa nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain inilah ini : Google+ Hangouts,FaceTime dan Skype
Komunikasi daring asinkron (tak serempak) Komunikasi daring tak serempak atau asinkron ialah komunikasi memakai perangkat komputer dan dilaksanakan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron ialah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta menyimak dan mencatat dokumen daring melewati World Wide Web.
teknologi informasi jaringan

3.FUNGSI KOMUNIKASI 


Sebagai informasi, Komunikasi menolong proses paparan informasi yang dibutuhkan individu dan atau kumpulan untuk memungut keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.

Sebagai kendali, Komunikasi beraksi untuk mengendalikan perilaku anggota dalam sejumlah cara, masing-masing organisasi memiliki wewenang dan garis petunjuk formal yang mesti dipatuhi oleh karyawan.

Sebagai motivasi, Komunikasi menolong perkembangan semangat dengan menyatakan para karyawan apa yang mesti dilaksanakan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat digarap untuk membetulkan kinerja bila tersebut di bawah standar.
Pengungkap emosional Bagi beberapa komunitas, mereka membutuhkan interaksi social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas tersebut merupakan teknik anggota untuk mengindikasikan kekecewaan dan rasa puas. Oleh sebab itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat guna memenuhi keperluan sosial.
teknologi informasi jaringan

4.KOMPONEN-KOMPONEN PENDUKUNG 


Terdapat sejumlah komponen yang mesti terdapat sebelum komunikasi daring bisa dilakukan. Komponen-komponen itu dapat dikelompokkan menjadi 3 unsur sebagai berikut:


  • Komponen perlengkapan keras (hardware) Perangkat yang bentuknya dapat disaksikan ataupun diraba oleh insan secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perlengkapan keras yang dibutuhkan untuk mengemban komunikasi daring ialah komputer, headset, microphone, serta perangkat penyokong koneksi Internet.



  • Komponen perangkat lunak (software) Program komputer yang bermanfaat untuk menjalankan suatu kegiatan yang dikehendaki. Program dibutuhkan sebagai penjembatan antara perlengkapan akal (brainware) dengan perlengkapan keras (hardware). Program-program yang biasa dipakai dalam pengamalan komunikasi daring antara lain: skype, google+ hangout, webconference, dll.



  • Komponen perlengkapan nalar atau akal (brainware) Termasuk dalam komponen ini ialah mereka (manusia) yang tercebur dalam pemakaian serta penataan perangkat empuk dan perlengkapan keras untuk mengemban komunikasi daring.

teknologi informasi jaringan

5.KELEBIHAN KOMUNIKASI DARING



  • efesiensi waktu
  • efesiensi biaya
  • bisa dilaksanakan dimana saja
  • bisa digarap kapan saja
  • memperdalam ilmu TIK
  • Meningkatkan intensitas berkomunikasi
  • Meningkatkan partisipasi

teknologi informasi jaringan


6.KEKURANGAN KOMUNIKASI DARING

  • tidak mewakili emosi pemakai
  • memerlukan perlengkapan khusus
  • tersambung dengan internet
  • menyita fokus 
  • terlalu tidak sedikit informasi tidak urgen