teknologi informasi jaringan

  


Berikut ialah macam-macam perangkat komunikasi yang tradisional dan yang modern. Alat – perangkat komunikasi tradisional dan canggih tersebut ada tidak sedikit sekali, dan saya bakal menguraikan satu persatu.
teknologi informasi jaringan

Perubahan waktu sudah membuat tidak sedikit hal terjadi, yakni tentang evolusi teknologi yang begitu cepat. Apakah ini yang di namakan peradaban peradaban manusia? Bisa saja iya, andai kehadiran teknologi tersebut membawa manfaat untuk kemaslahatan ummat manusia, namun andai membawa bencana, maka ini bukan peradaban peradaban alias kemunduran.
teknologi informasi jaringan

Bicara mengenai teknologi komunikasi menjadi unik perhatian untuk saya, sehingga hadir niat untuk mencatat artikel. Setelah memikirkan dan menganalis judul apa yang tepat untuk artikel ini, maka kesudahannya saya menyimpulkan untuk menyerahkan judul: 22 Alat- perangkat Komunikasi Tradisional dan 16 Modern.
teknologi informasi jaringan

Apa saja informasi perangkat – perangkat komunikasi dari judul tulisan tersebut? inilah hasil penelitian saya yang saya rangkum di bawah ini;

#1. Alat yang mempunyai nama Kentongan

Kentongan sebagai perangkat komunikasi yang terdapat di masyarakat. Biasanya di pakai untuk mengumunkan sebuah berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering memakai kentongan sebagai meda komunikasi saat ada maling. Sehingga mendengar suara yang di keluarkan dari kentongan tersebut membuat masyarakat terbit rumah untuk menggali tahu apa yang sedang terjadi.
teknologi informasi jaringan

Informasi tentu tentang sejarah kentongan tidak di temukan dengan pasti, tetapi yang tentu bahwa kentongan ini di kenal sebagai perangkat komunikasi tradisional.
Apakah kini masih terdapat yang namanya kentongan?
teknologi informasi jaringan

#2. Daun Lontar dari suatu pohon

Daun lontar ialah media atau sarana dalam mencatat surat atau pesan untuk orang lain. Kertas belum ada, sampai-sampai daun menjadi opsi orang zaman dulu untuk mengucapkan pesan. Di samping itu, Para raja zaman dulu, memakai daun lontar untuk mencatat maklumat atau pengumuman untuk rakyatnya.

#3. Lonceng yang menerbitkan bunyi

Saya teingat saat sekolah dulu, dimana intruksi guna masuk, terbit bermain atau istirahat, dan kembali terjadi saat ada suara lonceng sekolah. Nah, di samping sekolah, lokasi tinggal ibadah laksana gereja pun menggunakan lonceng guna informasi komunikasi tertentu untuk penganut agamanya.
teknologi informasi jaringan

#4. Hewan yang mempunyai nama Merpati Pos


Hewan yang mempunyai nama burung merpati memiliki jasa untuk orang dulu. Bahwa untuk mengucapkan pesan jarak jauh tidak sedikit orang dulu memakai burung merpati sebagai perangkat komunikasi. Maka terdapat istilah merpati pos ialah untuk menyatakan bahwa burung merpati berperan sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum pas pos ada.
teknologi informasi jaringan

#5. Telepon Kaleng yang terhubung dengan benang


Kaleng yang di hubungkan dengan benang dan dapat mendegar suara orang dengan jarak tertentu menjadi perangkat komunikasi tradisional juga. Namun jarak yang di pakai untuk berkomunikasi dengan perangkat tradisonal ini tidak begitu jauh jaraknya, sangat sekitar 5 hingga 10 meter.
teknologi informasi jaringan

#6. Surat


Media surat masih tren hingga sekarang, tetapi orang dulu masih memakai surat dengan teknik menulis di kertas atau di daun. Dan perlu waktu yang lama guna sampai untuk penerimanya. Kadang dapat sebulan atau lebih, seluruh di tentukan ketersediaan transportasi dan jarak tempuh yang ada.
teknologi informasi jaringan

#7. Terompet yang dapat menghasilkan suara



Walau masing-masing malam tahun baru masehi selalu tidak sedikit orang yang memakai terompet, tetapi alat ini masih tergolong dalam perangkat komunikasi tradisional. Sejarahnya semenjak zaman bani israel telah ada perangkat ini.

Terompet nyaris sama dengan lonceng, yaitu sebagai media penyampai informasi untuk masyarakat andai ada pesan penting. Mungkin terompet ialah simbol dari Israel dan lonceng ialah simbol dari gereja.
teknologi informasi jaringan


#8. Asap yang terbit dari api



Aneh namun nyata. Memang beberapa oang dulu menggunakan asap sebagai perangkat komunikasi. Mungkin ini mistik atau gaib, tetapi ternyata memang efektif saat dulu kala.

Untuk proses penciptaan asapnya pengarang tidak tahu persis. Apakah asap dihanguskan lalu diucapkan mantra tertentu atau kayu dihanguskan dan menghasilkan asap begitu saja.
teknologi informasi jaringan

#9. Prasasti yang di tulis


Prasasti Kuno. Gambar: Wikipedia)
Sebagai menandakan lokasi atau tempat tertentu, zaman dulu menciptakan prassati sebagai tanda. Zaman dulu seringkali batu yang di jadikan lokasi untuk mencatat prasasti.

Nah sekaang ini prasasti masih di pakai oleh kita. Tapi prasasti tersebut di tulis di atas batu keramik dan lebih rapi.
teknologi informasi jaringan

#10. Telegraf

Telegraf adalahsebuah mesin/alat yang memakai teknologi telegrafi guna mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya memakai morse sebagai kode komunikasi menurut_http://id.wikipedia.org/wiki/Telegraf.

Alat itu walau teknik kerjanya memakai listrik, namun masih tergolong dalam susunan alat komunikasi tradisional.

teknologi informasi jaringan