teknologi informasi jaringan


Komputer adalah sebuah perlengkapan elektronik yang dapat menolong pekerjaan manusia, pada dasarnya komputer tadinya digunakan sebagai perangkat hitung. Namun kini sudah berkembang menjaid tidak sedikit fungsinya, dengan adanya komputer saya dan anda bisa melakukan kegiatan yang bersangkutan dengan digital.
teknologi informasi jaringan
cara merakit pc komputer mudah
Cara Merakit Komputer PC Sendiri
Banyak urusan yang dapat kamu lakukan dengan komputer, contohnya saja kamu dapat mengakses internet, menjalnkan software pc dan masih tidak sedikit lagi. Nah pada peluang ini saya bakal bagikan petunjuk step by step mengenai persiapan komponen komputer sampai proses perakitan komputer dengan gampang dan benar.
teknologi informasi jaringan
Anda bisa mengikuti teknik merakit komputer pc sendiri dengan benar, sebelum kamu merakit komputer maka betapa baiknya simak tulisan ini supaya tidak terdapat proses yang keliru dalam perakitan suatu komputer. Sebelum ke tutorial merakit komputer, maka kamu hendaknya memahami mana saja yang mesti disiapkan dalam merakit komputer supaya dapat berlangsung denga baik, adapun komponen-kompone komputer yang mesti kamu siapkan sebagai berikut.


teknologi informasi jaringan


Komponen Hardware Komputer (PC) yang Harus Ada
Merakit suatu komputer sebenarnya pekerjaan yang menyenangkan untuk yang suka otak-atik perlengkapan komputer, kamu bisa belajar sendiri mengetahui komponen demi komponen yang terdapat didalam komputer tergolong bagian CPU. Anda butuh mempersiapkan komponen komputer seperti:
teknologi informasi jaringan
Casing Komputer
Harddisk
Motherboard
Processor
Heatsink dan Kipas komputer
Memory Komputer (RAM, VGA Card)
CD Driver
Monitor, Speaker, Keyboard dan Mouse
Komponen diatas mesti untuk kamu penuhi guna dapat menjalankan suatu komputer dengan baik, dengan sokongan komponen hardwae yang bagus da bakal menghasilkan performa komputer yang bagus juga. Di samping hardware kamu juga mesti siapkan peralatan penyokong seperti, obeng, tang dan perangkat lainya. Oke marilah anda simak teknik mudah merakit komputer sendiri laksana berikut.
teknologi informasi jaringan




Cara Merakit Komputer PC Sendiri dengan Lengkap dan Benar
Ada sejumlah langkah yang mesti kamu lakukan guna merakit komputer sendiri, supaya dapat merakit suatu komputer yang benar dan terdapat baiknya kamu menyimak tutorial inilah ini dengan cermat.
teknologi informasi jaringan

#1. Cara Pasang Processor ke Motehrboard
Motherboard adalahsebuah hardware yang sangat urgen pada unsur komputer, motherboard sebagai papan lokasi untuk menghubungkan semua perlengkapan komputer lainya. Sebenarnya ada tidak sedikit tiper dan brand  motherboard yang terdapat dipasaran, pastikan telah memilih motherboard yang cocok dengan keperluan anda.


Langkah utama yang mesti kamu lakukan ialah dengan memasang CU pada motheboard, pastikan kamu memperhatikan bakal hal yang sangat urgen ini. Tidak tidak banyak dari orang awam yang baru belajar merakit komputer berpikir bahwa seluruh socket atau slot pada pernagkat tersebut sudah sesaui dengan tepatnya, memang guna slot yang sudha ada bakal disesuaikan dengan setiap perlengkapan input dan output. Namun perlu kamu ketahui bahwa ada sejumlah socket eksklusif yang melulu serupa tetapi tak serasi, dengan kata lain untuk lubangnya dan colokanya sama, akan namun tidak sedang di tempatnya.
cara memasang komponen komputer

teknologi informasi jaringan
Contoh dapat terjadi kesalahan pada ketika pemasangan processor, guna itu kamu harus kerjakan pemasang processor dengan benar laksana berikut:


a. Perhatikan mengenai tanda penunjuk yang terdapat pada processor, pada masing-masing processor tentu akan terdapat suatu tanda pada unsur sudut processor tersebut sendiri. Anda mesti samakan tanda yang terdapat di motherboard denga processor, ingan tidak boleh sampai terbalik atau fatal akibatnya andai terbalik.
Untuk motherboard ketika ini, tanda itu tersebut melulu akan kamu jumpai pada cover yang menutupi socket processor. Tetapi bila kamu teliti dalam memasang socket processor, maka memiliki sejumlah tanda yang mesti diserupakan dengan processor, sayangnya tanda tersebut paling kecil sampai-sampai susah untuk disaksikan dan kamu harus benar-benar jeli dalam memasang socket tersebut.
b. Ketika telah tahu pemasangat processor dengan tepat, lantas angkat pengunci socket CPU tersebut supaya terbuka,
c. Pasang CPU cocok dengan tanda.
d. Lalu pasang pulang tuas atau dapat disebut kunci pengaman socket.




teknologi informasi jaringan
#2. Cara Pasang Motherboard ke Casing
Ketika CPU telah terpasang pada motherboard, maka kemudian kamu memasang motherboard di casing cpu, teknik pemasangan motherboard ke casing sebenarnya lumayan mudah. Ana bermukim memasangnya yang cocok dengan posisi port dengan casing, seringkali processor akan tidak jarang kali berada di unsur atas guna casing tower. Lalu kamu dapat lubangi untuk masing-masing bagian sekrup ke casing dan pastikan supaya terpasang dengan kuat.
cara memasang komponen komputer
teknologi informasi jaringan

#3. Cara Pasang Heatsink Processor
Pada etape ke tiga kamu perlu mengerjakan peakitan pada heatsink processor, heatsink ialah sebuah merangkat hardware komputer yang berupa alumunium guna pendinginan, heatsink sendiri seringkali telah menyeluruh dengan eksistensi kipas. Sedangkan guna heasink pada chipset penyokong CPU laksana (Nortvrudge dan Southbridge) seringkali terdiri tanpa adanya kipas.


Saat ini chipset southbridge telah tidak diproduksi lagi, dalam pemasangat heatsink kamu harus berhati-hati. kita dapat menyerahkan gel atau termal pasa pada processor tersebut, tujuanya guna sebagai penghantar panas processor ke heatsing.
cara merakit komputer sangat praktis
teknologi informasi jaringan
Kemudian pasang konekstor kipas heatsink yang terdapat pada unsur slot yang sudah disediakan, tempatnya ada disekitar processor yang secara umum jumlahnya 3 pin. Bagi heatsink processor jenis Intel pemasanganya cukup sulit, terlebih dahulu kamu masukan 4 penguncinya dan setelah tersebut tinggal putar seraya tekan cocok arah jarum jam.

teknologi informasi jaringan


#4. Cara Pasang Memori/RAM ke Motherboard
Lalu pada proses selanjutnya kamu perlu memasang ram ke motherboard, RAM atau Random Access Memory ialah sebuah hardware komputer yang menolong processor dalam bekerja dengan stabil, selain tersebut ram pun sebagai lokasi penyimpanan sedangkan sebelum data diproses. RAM pun memiliki sekian banyak  macam versi laksana DDR2, DDR3 dan terbaru ialah DDR4.
teknologi informasi jaringan
Biasanya guna pc ketika ini keseluruhan memakai RAM jenis DDR3 sedangkat guna merakit komputer gaming akan bertolak belakang dengan komputer pada umumnya, teknik memasang ram ke motherboard ialah dengan:
teknologi informasi jaringan
a. Buka pengunci RAM, lantas masukan atau pasang RAM pada slot yang terdapat dengan posisi yang tepat.
b. Kemudian kamu tekan RAM sampai terdengar bunyi klik, sampai pengunci ram otomatis terkunci. Setelah itu kamu lumayan merapatkan unsur saja dan pastikan unsur ram telah teprasang dengan benar.
cara merakit sendiri pc komputer
teknologi informasi jaringan


#5. Cara Pasang Power Supply
Power Supply adalahsebuah perlengkapan yang dapat mengolah arus listrik yang bakal masuk ke komputer dari AC ke DC atau dapat sebaliknya, ketika kamu membeli suatu casing maka seringkali sudah terdapat power supply. Tetapi andai untuk PC rakitan tidak terdapat power supply, maka kamu dapat melakukan pembelian power supply sendiri, berikut misal power gambar power supply.
langakah perakitan komputer ampuh
teknologi informasi jaringan
Langakh memasang power supply di motherboard dengan benar:
a. Terlebih dahulu pasang power supply pada casing yang mempunyai lubang belakang sangat besar, secara umum tempatnya ada diatas atau dibawah casing CPU, lantas pasang dengan baut yang terdapat dan kencangkan.
teknologi informasi jaringan
b. Untuk komputer keluaran teranyar jumlah PIN power ke motherboard terdapat 24 PIN atau tidak jarang disebut power Supply BTX. Kemudian pasang koneksotr pada power supply itu ke socket power motherboard dengan kencang. Biasanya guna konekstor processor ada 4 sampai 8 pin mohterboard.
cara gampang merakit pc sendiri


teknologi informasi jaringan


#6. Cara Pasang Kabel Motherboard dan Casing
Biasanya pada motherboard bakal dilengkapi dengan kabel tambahan, sebaga misal seperti kabel data SATA/IDE. Oleh karena itu kamu pasang kabel itu pada scocket setiap yang sesui, guna kabel casing sendiri seringkali untuk power On/Off, restart, Audio Port, USB Port dan LED HDD komputer. Kemudian pemasangan kabek dari casing tersebut seringkali akan tidak sedikit mengalami kendala, lihat gambar inilah ini untuk lebih jelas lagi.
cara mudah rancang komponen pc


teknologi informasi jaringan


#7. Cara Pasang Drive
Ketika seluruh kabel terpasang maka saatnya kamu pasang drive harddisk, CD/DVD ROM dengan teknik berikut:


Copot unsur penutup depan casing, lantas masukan CD/DVD ROM melewati bagian depan casing. Setelah tersebut sejajarkan posisi baut yang sudah tersedia dan andai sudah sejajar maka pasang kabel data dari motherboard (IDE/SATA) dan pun kabel power yang dari power supply.
Untuk pemasangan harddsik bakal dipasang dibagian dakan casing, kesatu-tama pasang harddisk dengan menyambungkan ke kabel data pada motherboard SATA/IDE, dan kabel power dari Power Supply
cara gampang merakit komputer dirumah
teknologi informasi jaringan

#8. Cara Pasang VGA Card guna Merakit Komputer
Tahukah kamu bahwa VGA Card adalahperangkat ekstra pada komputer, tujuanya ialah untuk menciptakan grafis komputer lebih baik. Atau kegunaannya dapat kamu rasakan saat bermain game atau rendering video dan animasi, andai spesifikasi dari VGA Card yang tinggi maka bakal mempunyai hasil yang bagus pula.
cara pasang rakit komputer
Nah guna bagian slot dari VGA Card pada motherboard ketika ini dikenal dengan istilah PCI Express. Untuk tempat slot ini berada dibagian bawah dari socket processor, terlebih dahulu kamu buka penutup belakang casing, teknik pemasanganya pun nyaris sama dengan RAM. Anda lumayan sesuaikan format dari socket yang ada, kemudian tekan sampai VGA Carrd benar-benar terkunci. Jika kamu memakai VGA Card berarti pada port output yang terhubung ke monitor beralih ke vga card, guna memasang

teknologi informasi jaringan
#9. Tahap Terakhir Perakitan Komputer
Setelah sobat meyakinkan bahwa semuanya sudaht erpasang dengan benar, tidak boleh lupa untuk memblokir casing dan biarkan pada unsur samping terbuka. Kemudian kamu sambungkan semua perlengkapan input laksana keyboard.moyuse dan ourput device laksana audio speaker dan monitor atau LED.
cara rakit komputer praktis sendiri
Lalu pasang kabel power guna power supply guna di aliri arus listrik, lantas tombol power pada casing. Jika semuanya telah lengkap, maka kamu dapat memblokir semua casing dengan rapat.
teknologi informasi jaringan
#10. Instal Sistem Operasi
Ketika sudah mengerjakan perakitan komputer, maka tidak boleh lupa guna menginstal sistem operasi. Namun sebelum tersebut pastikan kamu sudah mempunyai sistem operasi yang berkeinginan dipasang. Sistem Operasi atau OS pun bertugas untuk mengerjakan kontrol pada perlengkapan keras dan operasi-operasi dasar sistem, ini tergolong untuk menjalnkan perangkat empuk atau aplikasi yang terdapat dikomputer nantinya laksana browser dan software lainya.

Dalam sistem iperasi umumnya dipecah menjadi 3 kumpulan sistem operasi laksana Microsoft, UNIX dan Mac Os, yang dimana paling tidak sedikit dikapai ialah sistem operasi dari Microsoft yang mempunyai nama Windows.


Dalam penginstallan OS terdapat baiknya bila kamu menyesukan dengan keperluan anda, bila kamu adalahpelajar atau pekerja kantoran yang tidak terlampau memhami mendetail komputer maka alankah baiknya memilih microsoft, sebab sistem ini ialah sistem palin tidak sedikit digunakan dan mempunyai progrma yang umum oleh pelajar laksana Microsoft Office. Tapi tidak terdapat salahnya bila kamu memakai Sistem Operasi Mac Os atau Unik yang pasti bertolak belakang dibandingkan Microsoft.


Ada sejumlah kesalahan yang terjadi saat merakit komputer seringkali terletak pada pemasangan slot atau socket, pada motehrboard seringkali dilengkapi dengan pendeteksi keslahan dengan menghasilnkan bunyi Beep. Pada bunyi beep bakal terjaid bila ada keruskana pad RAM atau VGA Card, maka andai komputer kamu sudah tidak terdapat masalah lagi, silahkan instal sistem operasi opsi anda.teknologi informasi jaringan