teknologi informasi jaringan

Makalah Teknologi Informasi



BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Istilah teknologi informasi mulai populer semenjak zaman pra-sejarah di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa dinamakan teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi hadir dari sifat insan yang selalu memakai akal dan pikirannya untuk terbit dari masalah, hidup lebih enak, dan hidup lebih mudah. Dari situ teknologi terus berkembang sampai sekarang. Perkembangan teknologi sendiri tidak bakal berhenti sekitar peradaban insan masih ada.
teknologi informasi jaringan

Seiring dengan pertumbuhan zaman, pertumbuhan di bidang teknologi informasi juga ikut berkembang dengan pesatnya. Kebutuhan sehari-hari insan terus bertambah dan kegiatan pun tidak dapat dihindari, begitu pun dengan Teknologi industri yang semakin hari semakin berkembang untuk memenuhi keperluan para pekerjanya. Manusia pada dasarnya hendak suatu urusan serba instan dan praktis. Dari pertumbuhan teknologi informasi tersebut, sekian banyak  macam pekerjaan atau pekerjaan insan pun telah dapat digantikan dengan alat-alat mekanik bahkan elektronik. Hingga, pada ketika ini jarak dan masa-masa seakan tidak menjadi penghalang dalam mengucapkan atau menerima informasi.

Teknologi informasi adalah pendukung utama untuk terselenggaranya globalisasi. Dengan pertumbuhan teknologi informasi, informasi dalam format apapun dan untuk sekian banyak  kepentingan apapun, bisa disebarluaskan dengan gampang sehingga bisa dengan cepat mempengaruhi teknik pandang dan gaya hidup, hingga kebiasaan suatu bangsa. Semakin modern teknologi tersebut, maka semakin besar pula arus informasi yang bisa dialirkan dengan cakupan dan akibat global. Tidak bisa dipungkiri, pertumbuhan teknologi informasi mempunyai peran dalam membantu insan menyelesaikan masalah hidupnya
teknologi informasi jaringan

1.2 Rumusan Masalah

Dari uraian diatas timbul sejumlah pokok persoalan yang sehubungan dengan teknologi informasi khususnya dalam bidang buatan industri, yakni :

1. Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi ?
2. Apa faedah dari teknologi informasI ?
3. Apa destinasi dari teknologi informasi ?
4. Apa akibat dari pertumbuhan teknologi informasi ?
teknologi informasi jaringan

1.3 Tujuan dan Manfaat
Makalah ini adalahtugas mata kuliah bahasa inggris, adapun destinasi dari penulisan makalah ini ialah :

1. Melatih keterampilan mahasiswa
2. Untuk memahami pengertian teknologi informasi
3. Untuk faedah teknologi informasi
4. Untuk memahami tujuan teknologi informasi
5. Bagi mengetahui akibat perkembangan teknologi informasi

teknologi informasi jaringan


BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Definisi Teknologi Informasi

Untuk memahami pengertian teknologi informasi terlebih dahulu anda harus memahami pengertian dari teknologi dan informasi tersebut sendiri. Teknologi ialah pengembangan dan software dari alat, mesin, material dan proses yang menolong insan menyelesaikan masalahnya. Informasi ialah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang memiliki nilai pengetahuan untuk pemakainya

Pengertian teknologi informasi menurut keterangan dari beberapa berpengalaman :
teknologi informasi jaringan


  • Teknologi Informasi ialah seperangkat perangkat yang membantu kamu bekerja dengan informasi dan mengemban tugas-tugas yang bersangkutan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)
  •  Teknologi Informasi tidak melulu terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang dipakai untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan pun mencakup teknologi komunikasi untuk mengantarkan informasi (Martin, 1999)
  • Teknologi Informasi ialah segala format teknologi yang diterapkan guna memproses dan mengantarkan informasi dalam format elektronis (Lucas, 2000)
  •  Teknologi Informasi ialah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)
  • Dari Pengertian di atas dapat diputuskan bahwa definisi teknologi informasi ialah teknologi apa juga yang membantu insan dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi dengan membulatkan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi guna data, suara, dan video.
  • Secara implisit dan gamblang Teknologi Informasi (TI) tidak sebatas berupa teknologi komputer, namun mencakup pun teknologi komunikasi.Dengan kata lain, yang dinamakan Teknologi Informasi ialah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi.


Penjelasan atas dua teknologi yang mendasari teknologi informasi ialah sebagai berikut.


1. Teknologi Komputer

Teknologi komputer dalah teknologi yang bersangkutan dengan komputer, tergolong peralatan-peralatan yang bersangkutan dengan komputer laksana printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM. komputer ialah mesin serba untuk yang bisa dicontrol oleh program, dipakai untuk mengubah data menjadi informasi. Program ialah deretan intruksi yang dipakai untuk mengendalikan komputer sampai-sampai komputer dapat mengerjakan tindakan cocok yang dikehendaki pembuatnya. Data ialah bahan mentah untuk komputer yang bisa berupa angka maupun gambar, sementara informasi ialah bentuk data yang telah diubah sehingga bisa menjadi bahan yang bermanfaat untuk memungut keputusan.Data komputer sebagai pemroses informasi program.

2. Teknologi Komunikasi

Teknologi telekomunikasi atau biasa pun disebut teknologi komunikasi ialah teknologi yang bersangkutan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kelompok ini ialah telepon, radio, dan televisi.

2.2. Fungsi teknologi Informasi

Setelah paham dengan definisi teknologi informasi, selanjutnya kita pun harus tahu faedah dari teknologi informasi tersebut. Menurut kitab Pengenalan Teknologi Informasi dan Komputer, faedah teknologi informasi terdapat 5 yaitu faedah capture, processing, generation, storage dan retrieval, dan transmit. Berikut ini ialah deskripsi dari masing-masing faedah tersebut.

1. Fungsi Capture

Teknologi informasi bermanfaat dalam proses penyusunan record yang terperinci. Salah satu implementasi dari faedah capture ini dapat anda lihat pada tampilan Facebook. Pada timeline kita, nyaris seluruh kegiatan kita di Facebook terekam dengan apik dan terperinci.

2. Fungsi Processing

Teknologi informasi memungkinkan anda untuk mengerjakan pemrosesan baik tersebut mengubah, menganalisis, menghitung, maupun mengoleksi semua data yang ada.

3. Fungsi Generation

Teknologi informasi juga bermanfaat untuk mengerjakan generate sebuah data. Sebagai contoh, data yang tadinya berbentuk barisan angka bisa di generate menjadi tabel atau grafik yang mudah dipungut kesimpulan.
teknologi informasi jaringan

4. Fungsi Storage dan Retrieval

Fungsi storage dan retrieval ini erat kaitannya dengan pertumbuhan teknologi komputer ketika ini. Sebagai contoh, saya dan anda bisa menyimpan sebuah file di dalam harddisk dan lantas file tersebut dapat dicopy atau dipungut kembali di komputer yang lain.

5. Fungsi Transmission

Fungsi transmisi berarti teknologi informasi dapat mengantarkan informasi melewati jaringan komunikasi yang ada. Contohnya ialah internet, dengan internet ini saya dan anda bisa berkirim email, chat, pesan video, dan masih tidak sedikit lagi.

2.3. Tujuan Teknologi Informasi

1. Tujuan teknologi informasi dalam memecahkan masalah

Dalam memecahkan masalah, teknologi informasi pun berperan urgen di dalamnya. Pemecahan masalah disini bersangkutan tentang seluruh masalah yang terjadi pada manusia. Peran dari teknologi informasi akan paling vital guna memecahkan masalah, karena teknologi informasi didalamnya terdapat suatu informasi yang bermanfaat sebagai pemecah masalah yang terjadi pada kehidupan insan sehari-hari.

Selain tersebut teknologi informasi sebagai pemecah masalah pun dapat diterapkan pada masing-masing perusahaan. Setiap perusahaan maupun instansi pemerintahan tidak bakal pernah lepas dari sebuah masalah. Terutama masalah yang bersangkutan dengan pengelolaan manajemen.Jika ditinjau dari kehidupan keseharian terjadinya masalah dapat disebabkan dari pihak internal maupun pihak eksternal.Banyak pihak yang memandang bahwa masalah yang datangnya dari pihak eksternal lebih riskan sehingga di prioritaskan guna segera diselesaikan, sementara masalah yang datangnya dari dalam (internal) tidak terlampau berbahaya. Sehingga urusan inilah yang dapat menciptakan suatu perusahaan akan merasakan kebangkutran.
Oleh sebab tersebut peran teknologi pada sebuah perusahaan atau instansi paling berperan urgen untuk menata perusahaan. Teknologi informasi mencantol tentang teknologi computer, dimana computer sebagai perlengkapan utama untuk mengubah informasi yang bermanfaat. Perlu adanya akses internet pada computer supaya mendapat informasi yang berbobot | berbobot | berkualitas dalam memecahkan masalah, sebab pada jaringan internet tidak sedikit informasi yang paling kita perlukan.
teknologi informasi jaringan

2. Tujuan Teknologi Informasi dalam membuka kreatifitas.

Kreativitas sangat dibutuhkan dalam Teknologi Informasi dengan beberapa dalil antara lain: kesatu, kreativitas menyerahkan peluang untuk individu guna mengaktualisasikan dirinya, kedua kreativitas memungkinkan orang dapat mengejar berbagai pilihan dalam solusi masalah, ketiga, kreativitas dapat menyerahkan kepuasan hidup, dan keempat, kreativitas memungkinkan insan meningkatkan kualitas hidupnya. Dari segi kognitifnya, kreativitas merupakan keterampilan berfikir yang mempunyai kelancaran, keluwesan, keaslian, dan perincian.

Sedangkan dari sisi afektifnya kreativitas ditandai dengan semangat yang kuat, rasa hendak tahu, tertarik dengan tugas majemuk, berani menghadapi resiko, tidak gampang putus asa, menghargai keindahan, mempunyai rasa humor, selalu hendak mencari empiris baru, menghargai diri sendiri dan orang lain, dsb. Karya-karya kreatif ditandai dengan orisinalitas, mempunyai nilai, bisa ditransformasikan, dan bisa dipertanggung jawabkan. Contohnya, pembelajaran dengan sokongan Teknologi informasi dan telekomunikasi memungkinkan seseorang bisa menghasilkan karya-karya baru yang orsinil, mempunyai nilai yang tinggi, dan bisa dikembangkan lebih jauh guna kepentingan yang lebih bermakna.
teknologi informasi jaringan

Melalui teknologi informasi dan telekomunikasi seseorangakan memperoleh sekian banyak  informasi dalam lingkup yang lebih luas dan mendalam sehingga menambah wawasan kita. Hal ini adalahrangsangan yang kondusif untuk berkembangnya kemandirian khususnya dalam urusan pengembangan kompetensi, kreativitas, kendali diri, konsistensi, dan komitmennya baik terhadap diri sendiri maupun terhadap pihak lain. Semua urusan yang sudah dipaparkan di atas tidak bakal terjadi dengan sendirinya sebab setiap orang belajar memiliki situasi yang bertolak belakang antara satu dengan lainnya. Pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran paling membuka kesempatan untuk menyusun kreativitas dan kemandirian seseorang. Beragamnya sumber belajar yang bisa diakses memerlukan kearifan supaya selektif dalam memilah dan memilih sumber tersebut. Terbentuknya kreativitas dan kemandirian belajar dalam diri seseorang menjadikan mereka dapat untuk bertahan dan berlomba di era global.
teknologi informasi jaringan

3. Tujuan teknologi informasi efektif dan efisien

Tujuan teknologi informasi yang efektif dan tepat guna adalahhal yang menjadi destinasi utama dalam teknologi informasi. Teknologi informasi semacam komputer adalahsumber dari informasi yang tidak jarang kali diakses oleh insan serta semacam perusahaan atau instansi pemerintahan. Teknologi informasi bisa dibilang efektif dan tepat guna sebab teknologi informasi bisa diakses dengan gampang dan tidak memerlukan waktu yang lama. Peranan teknologi informasi seperti tersebut akan dominan  baik guna kehidupan manusia, seseorang akan gampang mendapatkan seluruh informasi yang menyeluruh di semua dunia tanpa mesti menunaikan secara mahal.
Tidak melulu manusia yang memerlukan suatu informasi, perusahaan dan instansi-instansi di dalam pemerintahan pun pun sangat perlu sebuah informasi. Perusahaan maupun instansi pemerintah tentunya hendak segera memahami apa yang terjadi diluar lingkungan perusahaan atau instansi mereka dengan cepat dan akurat, untuk tersebut perlu kelengkapan teknologi informasi semacam komputer dan koneksi internet supaya semua informasi bisa dimiliki.
teknologi informasi jaringan

Sebagai misal dahulu sebelum teknologi informasi yang kini ini, seseorang dalam menciptakan suatu tugas atau sedang dalam proses memecahkan masalah paling sulit dalam proses pengerjaannya, memerlukan waktu yang lama, disebabkan teknologi saat tersebut masih tergolong tidak cukup canggih. Berbeda dengan kini ini seseorang akan paling mudah menggarap tugas atau sedang dalam proses solusi masalah, karena teknologi informasi ketika ini sudah paling canggih, sampai-sampai apa juga dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien.
teknologi informasi jaringan

2.3. Dampak Perkembangan Teknologi Informasi

1. Dampak Positif
Berikut ini sejumlah hal yang menjadi akibat positif Teknologi Informasi.

  • Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang anda butuhkan.
  • Mempermudah dan mempercepat paparan atau penyebaran informasi.
  • Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan guna kepentingan bisnis.
  • Mempermudah solusi tugas-tugas atau pekerjaan.
  • Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang masa-masa dan tempat.
  • Banyaknya pemakaian teknologi informasi membuka lowongan kerja IT atau jenis lowongan kegiatan baru lainnya.

teknologi informasi jaringan

2. Dampak Negatif

Sementara itu akibat negatif Teknologi Informasi antara lain,
Pornografi menjadi urusan yang biasa sebab mudah diakses.
Kemudahan transaksi merangsang munculnya bisnis-bisnis terlarang laksana narkoba dan produk black market atau ilegal.
Para pembohong dan penjahat berlahiran terutama dalam permasalahan transaksi online.
Munculnya kebiasaan plagiarisme atau penjiplakan hasil karya orang lain.
teknologi informasi jaringan




BAB IV

PENUTUP

4.1 Kesimpulan

1. Dari sekian banyak  definisi dari para berpengalaman teknologi informasi dapat diputuskan bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun gamblang tidak sebatas berupa teknologi komputer, tetapi pun mencakup teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, yang dinamakan teknologi informasi ialah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
teknologi informasi jaringan

2. Terdapat 5 faedah Teknologi yaitu faedah capture, processing, generation, storage dan retrieval, dan transmit

3. Tujuan dari teknologi informasi yaitu guna memecahkan masalah, membuka kreatifitas dan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.

4. Dalam perkembangannya, teknologi informasi tidak selalu dominan  positif namun ada juga akibat negatifnya

4.2 Saran
Dalam penulisan makalah ini pengarang menyadari bahwa apa yang telah diciptakan penulis masih tidak sedikit kekurangan, oleh karena tersebut masih dibutuhkan lagi pengembangan lebih lanjut guna perbaikan ke depan.
teknologi informasi jaringan